Pages

Powered by Blogger.

Wednesday, October 21, 2009

Sejarah Sepak Bola

Pertandingan sepak bola internasional pertama dimainkan pada tahun 1872 antara Inggris dan Skotlandia, meskipun pada tahap ini jarang olahraga dimainkan di luar Britania Raya.

Namun tahun 1900 olahraga telah memperoleh pengakuan di banyak Negara dan banyak asosiasi sepakbola nasional didirikan. Pertandingan internasional resmi pertama di luar Britania dimainkan antara Perancis dan Belgia di Paris pada Mei 1904 . Hal ini menyebabkan berdirinya FIFA di Paris pada 22 Mei 1904 - yang terdiri dari asosiasi sepak bola dari Perancis, Belgia, denmark, Belanda, Spanyol, Swedia dan Swiss, dan Jerman berjanji untuk bergabung.

Sepak bola mulai meningkat popularitasnya, itu diakui oleh IOC-sport Olimpiade pada tahun 1900 dan Olimpiade 1904, serta di interkalat Games 1906. Sebelum menjadi kompetisi FIFA kompetisi diorganisir oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris, acara ini hanya untuk pemain amatir dan dianggap sebagai pertunjukan daripada sebuah kompetisi. Tim nasional amatir Inggris memenangkan kompetisi tersebut pada tahun 1908 dan 1912.
Ada upaya yang dilakukan oleh FIFA untuk menyelenggarakan turnamen sepak bola internasional antara bangsa-bangsa di luar kerangka Olimpiade pada tahun 1906 dan ini terjadi di Swiss.

Lama-kelamaan kompetisi yang melibatkan bukan dari tim amatir juga mulai bermunculan. The Turnamen Internazionale Stampa Sportiva, diadakan di Turin, Italia pada tahun 1908, adalah salah satu kompetisi sepakbola pertama dan tahun berikutnya Sir Thomas Lipton menyelenggarakan Piala Sir Thomas Lipton, juga diadakan di Turin. Kedua turnamen itu diperebutkan antar klub (bukan tim nasional), masing-masing yang mewakili seluruh bangsa. Hal ini bukan merupakan piala dunia yang pertama.
Pada 1914, FIFA setuju untuk menjadikan turnamen Olimpiade sebagai "kejuaraan sepak bola dunia untuk amatir", dan mengambil tanggung jawab untuk mengorganisir acara tersebut. Hal ini menyebabkan jalan bagi kompetisi sepak bola antarbenua pertama di dunia , di Olimpiade tahun 1920, dimenangkan oleh Belgia. Uruguay memenangkan turnamen pada tahun 1924 dan 1928. Tahun 1928 FIFA membuat keputusan untuk tahap turnamen internasional mereka sendiri. Dengan sekarang Uruguay dua kali juara dunia sepakbola resmi dan karena merayakan seratus tahunpertandingan tahun 1930, FIFA bernama Uruguay sebagai negara tuan rumah pada tahun tersebut.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Patner

About This Blog

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP